Skip to content

DAMPAK KEGIATAN UPACARA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT BALI, Oleh I Made Sukarsa

23 February 2011

Sejak agama Hindu diakui eksistensinya oleh negara pada tahun 1950-an, dari segi struktur organisasi sering mengalami perubahan, demikian pula dari segi substansi tugas dan isi yang diemban. Perubahan menuju perbaikan merupakan satu langkah yang dinamakan modernisasi. Kondisi kegiatan beragama (Hindu) saat ini sudah saat berbeda dibandingkan dengan 50 tahun lalu apa lagi 100 tahun yang lalu. Cobalah simak beberapa data empiris tentang kegiatan pelaksanaan upacara di Bali yang direkam melalui beberapa penelitian selama 3 tahun terakhir.

Kegiatan upacara yang terdiri dari 5 jenis mulai dari dewa yadnya sampai pada butha yadnya merupakan sisi lain dari pelaksanaan agama disamping memahami tattwa dan melaksanakan etika kehidupan. Walaupun telah berulang kali diterangkan melalui media bahwa berbuat baik antar sesama tidak kalah pentingnya dengan yadnya-upacara namun upacara semakin marak dilakukan oleh umat. Di Bali umat melakukan banten saiban setiap hari masing-masing rumah tangga rata-rata 34 tandingan. Rentang jumlah tandingan dari 9 sampai 105 tandingan. Tandingan banten saiban yang paling sedikit ditemukan pada rumah tangga di perkotaan, sedangkan yang paling banyak (105) biasanya dilakukan pada pekarangan bersama (pekarangan wayah/tua).

Upacara ini rutin dilakukan sebanyak 108 kali selama setahun (dari wuku sinta ke watugunung kembali lagi sinta ke watugunung). Kalau dalam tahun 2003 KK di Bali yang beragama Hindu sebanyak 688.281 KK maka untuk pembuatan canangsari akan memerlukan bunga sebanyak 21.482,65 ton dan busung sebanyak 37.966,27 ton setahun. Kebutuhan ini hanya untuk kebutuhan mebanten rutin saja seperti kajeng kliwon, anggar kasih, purnama tilem, tumpek, saraswati, pagerwesi, galungan dll. Jika ditambah lagi untuk upacara yang lain seperti odalan di pura kahyangan tiga, kahyangan jagat, pura geginan, pura panti dll kebutuhan ini akan membengkak 2 atau bahkan tiga kali lipat. Selengkapnya silahkan Download di sini

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: